Makna Dibalik Kata Maaf


Selamat malam mas broo semua,

Kali ini maskakank akan berusaha untuk sedikit mengulik kata maaf disuasana lebaran kali ini. Tahukah mas bro semua kalau kata maaf yg terucap memiliki makna yg besar sekali? kali ini kita akan membahas dari sudut pandang logika tidak dalam agama/ras atau bahkan politik, cekidot!

maaf

Apa saja sih keuntungan dari meminta maaf?

1. Sebagai pembuka kalimat, maaf disini berarti kita menempatkan diri kita dalam posisi untuk menyela aktivitas dari lawan bicara, dan belum tentu lawan bicara senang ketika kita sela, oleh karena itu kata maaf dapat membuat pembicaraan/maksud yg ingin mas bro sampaikan lebih bisa diterima.

2. Sebagian orang merasa gengsi untuk meminta maaf, terutama dari yg tua ke yg muda, atau dari atasan ke bawahan, maaf yg terucap tulus tidaklah pernah dibumbui oleh status sosial. Apabila teman2 ketika akan meminta maaf masih terpikir “loh dy lebih muda kok”, “loh dy bawahanku kok”, percayalah bahwa maaf teman2 belumlah sempurna 100%. Sehingga manfaat maaf yg kedua adalah meleburkan dan menguatkan rasa sosial diantara sesama manusia, bukan malah sebaliknya.

3. Maaf yang terucap adalah kesempatan bagi kedua pihak untuk memulai sesuatu yg baru, sehingga keduanya akan mendapati kondisi yg lebih baik kedepannya. Tak pernah seorangpun didunia ini yg luput dari kesalahan, dan ketika itu terjadi maaf adalah obat paling mujarab untuk memulai itikad baik kita, yaitu itikad untuk mengakui ksealahan dan tidak melakukannya lagi. Sehingga manfaat yg lain dari meminta maaf adalah sebagai awal yg baru.

Lalu apa keuntungan dari memberikan maaf?

1. Seseorang yg meminta maaf pastilah dengan tujuan yg baik, karena hakikat dari maaf itu sendiri adalah baik. apabila seseorang meminta maaf untuk tujuan yg buruk, maka itu bukanlah suatu maaf, melainkan hanyalah kata kosong tak bermakna yg dikemas dalam suatu kata MAAF. Sehingga keuntungan dari memebrikan maaf yg pertama adalah kita memberikan jalan kepada seseorang untuk berbuat baik, bukankah suatu yg mulia apabila kita saling membantu dalam hal yg baik?

2. Memberi maaf walaupun seseorang telah berbuat sedemikian jahat kepada kita memang berat, tetapi tetap memberi maaf walau belum 100% ikhlas masih lebih baik daripada tidak memafkan. Mengapa? karena ketika kita belum bisa 100% dalam memafkan, kita masih dalam tahap menuju itu, dan ingatlah, menjadi lebih baik adalah hakikat setiap manusia, maka tetap memaafkan walau belum 100% ikhlas seraya terus introspeksi terhadap diri sendiri akan membuat kita lebih dewasa dan bijak dalam menyikapi masalah, dan ketika itu terjadi maka 100% kita akan bisa mamaafkan kesalahan orang tersebut.

Kekurangan dari meminta/memberi maaf

1. Jujur, maskakank sendiri tidak bisa melihat sisi negatif dari meminta maaf itu sendiri. Bahkan yg maskakank amati di lingkungan sekitar, orang yg tidak memberi maaf atau tidak meminta maaf hanya akan mempersulit diri sendiri kedepannya. Mengapa demikian? simpel saja, karean meminta maaf bukanlah hal yg buruk, melainkan hal yg baik, dan ketika seseorang tidak melakukan/meninggalkan hal yg baik, maka hal buruk lah yg ia dapati kemudian.

Artikel ini adalah artikel yg coba maskakank tuangkan dalam bentuk tulisan berdasarkan pengalaman pribadi. Apabila ada teman2 yg ingin menambahkan maskakank sangat berterima kasih, dan apabila ada salah ucap/ketik dalam artike di atas maskakank meminta maaf yg sebesar2nya, mengingat maskakank hanyalah manusia biasa yg tak luput dari salah dan khilaf 🙂

 

Have a save ride, respect each other, and smile 🙂
*phy

Advertisements

2 thoughts on “Makna Dibalik Kata Maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s